Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mau Sukses Jadi Pengusaha Muda ?


http://amikom.ac.id/



Nama  :Danar Prasetia - 16.12.9029

ABSTRAK


      Di zaman sekarang ini semakin susah untuk mencari pekerjaan. Maka dari itu sejak dini kita harus berpikir bagaimana agar kita menjadi sukses. Kita tidak boleh hanya berkeinginan untuk menjadi karyawan. Kita harus mulai berpikir bagaimana cara untuk membuat usaha sendiri. Kita juga harus berusahan memulai sedini mungkin agar lebih cepat sukses. Meskipun masih menjadi seorang pelajar maupun mahasiswa sebenarnya kita sudah bisa untuk membuat usaha sendiri. Sehingga nantinya kita tidak akan merasa susah jika tidak diterima di sebuah perusahaan.
Tujuan Penulisan
      Karya ilmiah ini ditulis untuk memberikan informasi tentang bagaimana menjadi pebisnis sejak masih menjadi pelajar / mahasiswa.
Rumusan Masalah
1. Apa saja jenis usaha yang cocok untuk dijalankan sejak muda?
2. Apa saja tips untuk memulai bisnis?
3. Apa saja rahasia sukses berbisnis?
Manfaat
1. Pembaca diharapkan mengetahui lebih luas tentang dunia bisnis.
2. Pembaca diharapkan mau mencoba untuk memulai berbisnis.

ISI

A. Jenis-Jenis Usaha yang Dapat Dijalankan Sejak Muda
Memberi les privat

Khususnya bagi anda para pelajar SMA, Anda dapat memberikan pelajaran tambahan kepada beberapa pelajar yang masih duduk di bangku SD atau SMP. Pelajaran tambahan yang dapat diberikan bermacam-macam seperti matematika, bahasa inggris, serta ilmu pengetahuan alam dan sosial. Selain memberikan pelajaran tambahan berupa materi pelajaran di sekolah, jika anda mempunyai kemampuan mengolah keterampilan tangan misalnya membuat bunga dari plastik sedotan atau kertas minyak, anda juga dapat memanfaatkannya sebagai sebuah bisnis.

Menjual pulsa elektrik

Teman-teman anda di sekolah pastinya sebagian besar memiliki alat komunikasi berupa ponsel atau jenis gadget. Di jaman sekarang, kebutuhan seperti telepon, pesan singkat atau sms dan internet sudah tidak asing lagi bagi para pelajar khususnya yang mulai menginjak remaja. Menjual pulsa elektrik bisa menjadi peluang usaha untuk pelajar yang dapat dilakukan secara sederhana dan modal awal yang terjangkau serta tidak mengganggu aktivitas sekolah.

Menjadi penulis

Bagi anda yang mengikuti kegiatan jurnalistik di sekolah atau mempunyai hobi menulis, mengapa tidak anda manfaatkan hal tersebut sebagai suatu peluang untuk berbisnis? Anda dapat menjadi penulis artikel, cerpen atau novel yang bisa anda promosikan di internet. Anda juga bisa menulis sinopsis sebuah film atau buku, dan hal Siapa tahu ini merupakan langkah awal anda menjadi penulis hebat.

Membuka bengkel motor mini

Peluang ini terutama bagi para pelajar SMK yang memiliki kemampuan perbengkelan seperti mengganti ban, ganti oli, dan memasang lampu. Anda dapat bekerja sama dengan beberapa orang teman anda dalam membuka usaha ini. Dengan begitu, pekerjaan anda akan menjadi lebih mudah. Anda bisa membuka bengkel tersebut di sore hari setelah pulang sekolah. Selain itu ini juga bisa meningkatkan keterampilan anda agar menjadi terbiasa dan terlatih sehingga akan memudahkan saat sudah lulus nanti.

Membuka bisnis kuliner

Para pelajar jurusan tata boga di sekolah kejuruan pastinya dapat melihat bisnis ini sebagai salah satu peluang usaha untuk pelajar yang dapat dijalankan. Bisnis kuliner yang dijalankan mulai dari yang sederhana terlebih dahulu seperti membuka sebuah kedai kecil yang menawarkan aneka makanan dan minuman seperti kebab, hotdog, burger, dan minuman bersoda.

Jasa penginstalan aplikasi dan update software

Jika anda mempunyai hobi yang berhubungan dengan hal ini, anda bisa menjadikannya sebagai sebuah bisnis yang dapat menguntungkan anda. Promosikan bahwa anda membuka jasa beberapa penginstalan aplikasi yang cukup banyak dipakai di jaman sekarang seperti photoshop, coreldraw, dan office (word, excel, powerpoint) serta dapat mengupdate software laptop seperti windows 7 dan windows 8.

Menjual kue

Di sela-sela pergantian pelajaran, jam istirahat atau jam kosong, anda bisa membawa beberapa jenis kue seperti kue sus atau risoles dan menjajakannya kepada teman-teman sekelas anda. Peluang usaha untuk pelajar ini dapat dilakukan dengan mudah dan modal terjangkau.







Jasa pembuatan desain baju

Di sekolah tentunya ada beberapa klub seperti klub basket, jurnalistik, dan klub kegiatan sekolah lainnya. Biasanya mereka membutuhkan identitas untuk klub mereka seperti misalnya baju seragam. Nah, jika anda mempunyai kemampuan dalam hal mendesain baju, anda bisa membuat beberapa desain dan menawarkannya kepada klub tersebut.

Bisnis Fotokopi

Membuka sebuah fotokopian kecil di sekolah tentunya akan sangat bermanfaat bagi para siswa. Peluang usaha untukpelajar yang satu ini bisa anda lakukan untuk menambah uang saku anda. Tetapi tentu saja fotokopian tersebut tidak bisa anda jaga sepanjang jam sekolah karena anda juga harus mengikuti pelajaran. Sebagai alternatif, anda bisa menjaganya saat jam istirahat dan pulang sekolah.

Menjual alat tulis dan peralatan sekolah lainnya
Anda dapat membuka sebuah koperasi kecil-kecilan di kelas yang menjual berbagai macam alat tulis seperti pensil, spidol, bolpoint, buku tulis, dan penggaris. Teman-teman anda pasti akan tertarik membeli pada koperasi anda dibandingkan dengan membeli di luar lingkungan sekolah. Jadi bisnis ini cukup bisa anda perhitungkan sebagai sebuah usaha.
Bisnis Online shop
Peluang usaha bagi mahasiswa selanjutnya yaitu online shop. Menjual berbagai macam jenis baju seperti kemeja, T-shirt, dan blazer serta celana atau rok dan juga pernak-pernik seperti kacamata, ikat pinggang, gelang, atau ada juga yang menjual aneka sepatu mulai dari jenis sepatu kets sampai flatshoes atau high heels dan sebagainya kepada teman-teman seperjuangan anda di kampus tampaknya harus anda pertimbangkan sebagai sebuah bisnis yang cukup menjanjikan.
Jasa pengetikan dan print
Mahasiswa dan kuliah identik dengan berbagai macam tugas seperti makalah dimana sebagian besar dalam pengerjaannya menggunakan laptop atau komputer. Mungkin ada beberapa orang teman anda yang tidak mempunyai waktu untuk mengetik, maka anda yang khususnya mempunyai keahlian mengetik dapat melihat hal ini sebagai peluang bisnis. Bukalah suatu jasa pengetikan kecil-kecilan lengkap dengan jasa printnya, lalu promosikan di lingkungan sekitar kampus. Pekerjaan yang tergolong sederhana.
Jasa fotografi dan video

Jika Anda punya pandangan bagus dalam menyusun adegan ataupun gambar, pertimbangkan untuk memulai bisnis ini. Tawarkan pada mahasiswa lain yang ingin mempromosikan bisnisnya dengan foto atau video.

Bisnis butik.

Apakah Anda sering mendapat pujian atau perhatian dengan penampilan? Mungkin bisnis ini dapat menjadi bisnis mahasiswa yang cocok untuk Anda. Buatlah mode yang menarik dan jual melalui ponsel Anda.

Layanan jual barang bekas

Tawarkan jasa menjual barang pada teman-teman Anda yang mempunyai barang bernilai tapi sudah tidak digunakan lagi dan tidak punya cukup waktu untuk menjualnya. Buat kesepakatan bagi hasil dan ambil keuntungan dari itu.
Bisnis T-shirt
T-shirt yang keren adalah yang terlihat muda, sederhana, dan ini menjadi penampilan umum bagi sebagian besar mahasiswa. Buatlah desain yang unik dengan kata-kata atau gambar lucu. Tawarkan juga desain kemeja untuk organisasi di kampus. Maka ini akan jadi bisnis besar.
B. Tips Sukses untuk Memulai Berbisnis
1. Inovasi itu baik, tapi jangan berlebihan. Jangan berpikir untuk menyaingi Facebook, mulailah dengan yang sederhana tapi menghasilkan keuntungan.
2.  Pilihlah ide bisnis yang mempunyai segmen dan target pasar yang jelas dan sangat membutuhkan atau menginginkan apa yang Anda jual.
3.  Setelah modal dua juta rupiah atau berapapun modal awal Anda, jangan keluarkan uang lagi untuk bisnis mahasiswa ini. Ini untuk mengukur kesuksesan. Sebuah bisnis harus bisa menghidup diri sendiri dan bisa membayar Anda. Jadi setelah mulai, bisnis harus bisa menghasilkan investasi untuk menghidupi diri mereka sendiri. Jika memang  bisnis tidak berjalan cukup baik, segera lakukan penyesuaian, baik dari sisi harga, ataupun kualitas produk atau layanan. Perhatikan keinginan pelanggan. Itu akan membawa ke arah yang lebih baik.
4.  Memulai bisnis adalah pengalaman yang hebat, tapi ingat bukan itu alasan utama. Anda memulai bisnis untuk masa depan yang lebih baik. Jadilah disiplin dan bisa mengatur waktu agar tetap bisa pergi ke kelas, membuat prestasi bagus, dan bisnis tetap berjalan.
5.  Manfaatkan segala sumber daya dan peluang yang dapat meningkatkan bisnis. Ambil sumber daya di kampus maupun bantuan pemerintah, ajukan beasiswa, dan ikuti kesempatan belajar di luar negeri untuk dapat pengalaman baru dan ide baru serta memperluas jaringan.
http://amikom.ac.id/
C. Rahasia Menjadi Pengusaha Sukses
1. Jangan memulai bisnis atas sesuatu yang tidak Anda cintai.
2. Jika di awal-awal Anda sudah memiliki exit strategy, berarti bisnis yang Anda bangun bukan obsesi.
3. Rekrut orang yang menyukai bekerja di perusahaan Anda.
4. Ketahui bagaimana perusahaan Anda akan menghasilkan uang dan ketahui caranya.
5. Ketahui kompetensi utama Anda dan fokuslah kepadanya hingga melahirkan sesuatu yang luar biasa. Kalau perlu pekerjakan orang yang mampu mendorong Anda meningkatkan kompetensi Anda.
6. Apakah Anda merasa tertekan dengan waktu? Orang yang menyukai pekerjaannya, mereka akan menemukan cara bagaimana menggunakan waktu sebaik mungkin untuk pekerjaannya.
7. Bukalah kantor yang mampu menjaga semua orang selaras dengan apa yang sedang terjadi dan mampu menjaga energi mereka. Tidak ada privasi di perusahaan pemula. Jika ada karyawan yang meminta privasi, tunjukkan bagaimana ia bisa mengunci diri di kamar mandi.
8. Sepanjang itu menyangkut teknologi, ketahui apa yang ingin Anda ketahui meski kadang biayanya tidak murah. Misalnya, jika tahu Apple baik, gunakan saja. Ini dimungkinkan karena jumlah karyawan masih sedikit sehingga biayanya tak terlalu mahal. Biarkan karyawan menggunakan apa yang mereka tahu.
9. Biarkan organisasi flat (tak ada hierarki). Jika ada manajer yang melapor ke manajer lainnya dalam organisasi perusahaan pemula, Anda akan gagal. Di perusahaan pemula, jika Anda memiliki manajer yang harus melapor ke manajer yang lain, Anda sedang membangun politik.
10. “Sebuah tanda kegagalan untuk start-up adalah ketika seseorang mengirimi saya polo shirt berlogo nama perusahaannya,” kata Cuban. Jika orang-orang Anda di pameran dan di depan umum (menggunakan kaos berlogo itu), tidak apa-apa. Tetapi jika Anda benar-benar berpikir orang-orang atau tokoh-tokoh tertentu akan memakai polo shirt berlogo perusahaan Anda di luar atau sekitarnya, Anda keliru. Itu menunjukkan Anda tidak tahu bagaimana membelanjakan uang Anda.


Kesimpulan

        Bisnis dapat dimulai sejak dini, misal sejak kita masih berstatus pelajar maupun mahasiswa. Yang terpenting adalah kita memiliki kemauan untuk memulai berbisnis dan harus memperhatikan hal-hal penting yang dapat memacu ataupun menghambat kesuksesan kita dalam berbisnis.


Referensi :

Post a Comment for "Mau Sukses Jadi Pengusaha Muda ?"